Kayu Nyatoh termasuk jenis kayu yang tidaklah sulit untuk ditemukan baik di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan daerah lain di Indonesia.

Kayu nyatoh termasuk salah satu jenis kayu pertukangan yang memiliki bobot lumayan berat, mungkin bobotnya tidak jauh beda dengan bobot kayu pertukangan lain seperti bobot kayu jati ataupun bobot kayu sonokeling. Namun jika sudah  di oven, mempunyai berat yang cukup ringan. Kayu nyatoh saat ini mulai banyak dieksport karena seratnya lebih indah dibanding kayu meranti.   

 

Warna permukaan kayu  nyatoh bisa dibilang hampir sama atau sedikit lebih muda dari warna kayu jati. Yakni bagian terasnya berwarna merah muda, ada juga yang berwarna merah kec oklat-coklatan. Sedangkan bagian gubalnya berwarna lebih muda dari bagian terasnya. Kayu nyatoh memiliki serat yang lurus dan umumnya bertekstur halus, tapi ada beberapa yang bertekstur agak kasar.Kayu ini tergolong jenis kayu dengan tingkat keawetan kelas III – IV dan tingkat kuat kelas II – III. (tingkat kekuatannya sedang).  Namun kayu Nyatoh memiliki daya retak cukup tinggi.

 

Sumber :  Berbagai Sumber